Masa unggah telah berakhir.
Terima kasih kepada pada peserta yang telah mengirimkan karya terbaiknya!

Tanya Jawab
Lomba Foto Astra 2023

Lomba Foto Astra adalah suatu program dalam upaya mengapresiasi hasil karya foto, baik dari kalangan wartawan maupun umum. Astra mengajak setiap anak bangsa untuk membagikan potret anak negeri yang membangun, memotivasi dan menginspirasi melalui Lomba Foto Astra 2023 dengan tema:"Semangat Untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia".
Astra mengajak setiap anak bangsa untuk membagikan potret yang membangun, memotivasi, dan menginspirasi melalui Lomba Foto Astra 2023 dengan tema "Semangat Untuk Hari Ini dan Masa Depan Indonesia" yang menggambarkan berbagai macam kegiatan positif untuk bergerak dan bangkit bersama demi pemulihan Indonesia yang lebih cepat, seperti contoh berikut:
  • Potret yang menggambarkan semangat untuk bertahan, bangkit, dan bergerak untuk memulihkan kondisi saat ini.
  • Potret yang mencerminkan rasa optimis dalam menghadapi tantangan untuk mencapai masa depan yang lebih baik.
  • Potret yang mengisahkan semangat perjuangan individu atau kelompok untuk bergerak memajukan Indonesia.
  • Potret yang menunjukkan sinergi yang kokoh atau gotong royong untuk bangkit bersama.
  • Potret yang memunculkan persatuan bangsa Indonesia.
  • Potret yang memunculkan harapan bagi bangsa Indonesia.
Lomba ini terbuka bagi semua Warga Negara Indonesia (WNI), baik kalangan profesional maupun pemula. Peserta dibagi ke dalam dua kategori yaitu, wartawan dan umum. Setiap orang hanya diperbolehkan mengikuti 1 (satu) kategori lomba.
Anda dapat berpartisipasi dengan cara mendaftarkan diri sebagai anggota situs Lomba Foto Astra lalu mengunggah foto karya Anda sendiri melalui fitur unggah.
Untuk berpartisipasi dalam Lomba Foto Astra, Anda tidak dikenakan biaya apapun.
Setelah Anda memiliki akun satu-indonesia.com dan kemudian menekan tombol "Masuk" di microsite Lomba Foto Astra, Anda akan mengisi kelengkapan data lomba, maka tulisan "Selamat! Anda berhasil mendaftarkan diri Anda” akan ditampilkan, dan Anda juga akan menerima verifikasi dari Lomba Foto Astra melalui e-mail.
Jika Anda tidak menemukannya pada inbox e-mail, silakan cek pada folder spam email Anda. Jika belum menerima juga silakan tunggu sampai 1x24 jam untuk email tersebut sampai. Jika setelah 1x24 jam belum menerima juga silakan kirim ulang e-mail verifikasi melalui halaman verifikasi atau hubungi kami di sini.
Anda dapat mengunggah setelah berhasil masuk akun Anda. Setelah Anda berhasil masuk, tombol "Unggah" akan muncul di profil Anda pada bagian atas, lalu Anda dapat mengunggah foto Anda di halaman itu.
Selain sesuai dengan tema "Semangat Untuk Hari Ini Dan Masa Depan Indonesia", foto yang diunggah harus merupakan hasil karya Anda sendiri yang tidak pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun di media masa (tidak termasuk media sosial), tidak pernah dipublikasikan untuk tujuan komersial serta tidak mengandung unsur kekerasan, politik, pornografi, penghinaan ataupun pelecehan terhadap SARA dan latar belakang lainnya yang bersifat pribadi. Foto yang diunggah juga belum pernah memenangkan penghargaan dalam lomba fotografi lainnya.
Periode pengambilan foto dibatasi, hanya foto yang diambil pada tahun 2019-2023 diperbolehkan untuk ikut dalam lomba ini.
  1. Ukuran foto maksimal 7 MB
  2. Format foto JPG (8bit)
  3. Resolusi foto 72-300 dpi
  4. Panjang atau tinggi foto minimal 2.048 pixel
  5. Mempertahankan metadata (EXIF)
  6. Mendukung RGB profil warna
  7. Foto yang diunggah tidak boleh terdapat watermark/identitas foto dalam bentuk apapun
  8. Periode pengambilan foto tahun 2019-2023
Anda diperbolehkan untuk mengunggah maksimal 10 foto.
Foto dapat diganti atau dihapus selama masa kurasi foto (belum muncul di halaman Galeri). Setelah muncul di halaman Galeri, foto dapat diganti atau dihapus selama waktu 1 x 24 jam. Setelah waktu tersebut, foto tidak dapat diganti atau dihapus dan telah dianggap sebagai foto yang diikutkan dalam Lomba Foto Astra 2023.
Anda tidak dapat menghapus foto Anda karena akan masuk ke dalam galeri foto Lomba Foto Astra 2023.
Nominator yang terpilih dari setiap kategori akan dihubungi oleh panitia. Pengumuman pemenang akan dilaksanakan pada bulan Januari 2023 di channel YouTube SATU Indonesia dan website www.satu-indonesia.com.
Cobalah membaca petunjuk pada bagian Syarat dan Ketentuan atau di halaman Tanya Jawab. Jika Anda tidak dapat menyelesaikan masalah setelah membaca petunjuk, Anda dapat hubungi kami dengan subject: Tanya Lomba Foto Astra 2023.
Peserta kategori Wartawan
Juara I : 1 Honda CBR250RR
Juara II :1 Honda CB150X
Juara III :1 Honda Vario 125 CBS-ISS
Juara Harapan untuk 3 orang :@ 1 Sony ZV1F Vlogging Camera
Juara Favorit untuk 15 orang :@ 1 Headphones Jabra Elite 45H
Hadiah Hiburan Bulanan :@ 1 Casio G-Shock Smartwatch
 
Peserta kategori Umum
Juara I : 1 Honda CBR250RR
Juara II :1 Honda CB150X
Juara III :1 Honda Vario 125 CBS-ISS
Juara Harapan untuk 3 orang :@ 1 Sony ZV1F Vlogging Camera
Juara Favorit untuk 15 orang :@ 1 Headphones Jabra Elite 45H
Hadiah Hiburan Bulanan :@ 1 Casio G-Shock Smartwatch

*)Warna hadiah dapat berubah tergantung ketersediaan barang.