Tanya Jawab
Lomba Foto Astra 2019

Lomba Foto Astra adalah suatu program dalam upaya mengapresiasi hasil karya foto, baik dari kalangan wartawan maupun umum. PT Astra International Tbk berkolaborasi dengan Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) mengadakan Lomba Foto Astra pada tahun 2019, dengan harapan untuk menyuarakan Indonesia Bicara Baik melalui tema: "Ikon Kebanggaan Bangsa". Indonesia Bicara Baik merupakan gerakan yang diinisiasikan oleh Perhumas dengan harapan agar profesional humas Indonesia dapat adaptif terhadap perubahan dan menyebarkan kabar baik tidak hanya di Indonesia, tetapi di kancah global.
Astra dan Perhumas ingin mengajak masyarakat umum dan pewarta foto untuk mengabadikan ikon-ikon yang menjadi kebanggaan Indonesia dalam bentuk visualisasi foto yang indah dan menginspirasi, baik dalam bentuk ragam festival budaya, kesenian daerah tradisional maupun kontemporer (seperti tarian, pertunjukan musik, teater, dan pertunjukan seni lainnya), produk warisan bangsa Indonesia (seperti kerajinan khas Indonesia, produk warisan budaya, dll), landmark (seperti bangunan warisan budaya, keindahan alam yang iconic, dll), maupun ikon individu membanggakan yang berkontribusi positif terhadap Indonesia.

Foto yang diikutsertakan dalam lomba diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi seluruh mata yang memandang.
Lomba ini terbuka bagi semua Warga Negara Indonesia (WNI), baik kalangan profesional maupun pemula. Peserta dibagi ke dalam dua kategori yaitu, wartawan dan umum. Setiap orang hanya diperbolehkan mengikuti 1 (satu) kategori lomba.
Anda dapat berpartisipasi dengan cara mendaftarkan diri sebagai anggota situs Lomba Foto Astra lalu mengunggah foto karya Anda sendiri melalui fitur unggah.
Untuk berpartisipasi dalam Lomba Foto Astra, Anda tidak dikenakan biaya apapun.
Setelah Anda memiliki akun satu-indonesia.com dan kemudian menekan tombol "Masuk" di microsite Lomba Foto Astra, Anda akan mengisi kelengkapan data lomba, maka tulisan "Selamat! Anda berhasil mendaftarkan diri Anda” akan ditampilkan, dan Anda juga akan menerima konfirmasi dari Lomba Foto Astra melalui e-mail.
Anda dapat mengunggah setelah berhasil masuk akun Anda. Setelah Anda berhasil masuk, tombol "Unggah" akan muncul di profil Anda pada bagian atas, lalu Anda dapat mengunggah foto Anda di halaman itu.
Selain sesuai dengan tema "Ikon Kebanggaan Bangsa", foto yang diunggah harus merupakan hasil karya Anda sendiri yang tidak pernah dipublikasikan dalam bentuk apapun di media masa (tidak termasuk media sosial), tidak pernah dipublikasikan untuk tujuan komersial serta tidak mengandung unsur kekerasan, politik, pornografi, penghinaan ataupun pelecehan terhadap SARA dan latar belakang lainnya yang bersifat pribadi. Foto yang diunggah juga belum pernah memenangkan penghargaan dalam lomba fotografi lainnya.
Periode pengambilan foto dibatasi, hanya foto yang diambil pada tahun 2015-2019 diperbolehkan untuk ikut dalam lomba ini.
  1. Ukuran foto kurang dari 7 MB
  2. Format foto JPG (8bit)
  3. Resolusi foto 72-300 dpi
  4. Panjang atau tinggi foto minimal 2.048 pixel
  5. Mempertahankan metadata (EXIF)
  6. Mendukung RGB profil warna
  7. Foto yang diunggah tidak boleh terdapat watermark/identitas foto dalam bentuk apapun
Anda diperbolehkan untuk mengunggah maksimal 10 foto.
Foto dapat diganti atau dihapus selama masa kurasi foto (belum muncul di halaman Galeri). Setelah muncul di halaman Galeri, foto dapat diganti atau dihapus selama waktu 1 x 24 jam. Setelah waktu tersebut, foto tidak dapat diganti atau dihapus dan telah dianggap sebagai foto yang diikutkan dalam Lomba Foto Astra 2019.
Anda tidak dapat menghapus foto Anda karena akan masuk ke dalam galeri foto Lomba Foto Astra 2019.
Nominator yang terpilih dari setiap kategori akan dihubungi oleh panitia. Pengumuman pemenang: 27 Februari 2020 di website www.satu-indonesia.com.
Cobalah membaca petunjuk pada bagian Syarat dan Ketentuan atau di halaman Tanya Jawab. Jika Anda tidak dapat menyelesaikan masalah setelah membaca petunjuk, Anda dapat hubungi kami dengan subject: Tanya Lomba Foto Astra 2019.
Peserta kategori Wartawan
Juara I : 1 Astra Daihatsu Ayla M AT
Juara II :1 Honda ADV 150
Juara III :1 Honda BeAT
Juara Harapan untuk 2 orang :@ 1 DJI Osmo Pocket Action Cam
Juara Favorit untuk 5 orang :@ 1 Fitbit Inspire Smartwatch
Hadiah Hiburan Bulanan :@ 1 Timbuk2 Tuck Pack
 
Peserta kategori Umum
Juara I : 1 Astra Daihatsu Ayla M AT
Juara II :1 Honda ADV 150
Juara III :1 Honda BeAT
Juara Harapan untuk 2 orang :@ 1 DJI Osmo Pocket Action Cam
Juara Favorit untuk 5 orang :@ 1 Fitbit Inspire Smartwatch
Hadiah Hiburan Bulanan :@ 1 Timbuk2 Tuck Pack

*)Warna hadiah dapat berubah tergantung ketersediaan barang.
.