Mekanisme
Lomba Foto Astra 2019

Tema Lomba Foto Astra 2019

Lomba Foto Astra adalah program yang memberikan apresiasi untuk hasil karya foto dari kalangan umum dan wartawan. PT Astra International Tbk berkolaborasi dengan Perhimpunan Hubungan Masyarakat Indonesia (Perhumas) mengadakan Lomba Foto Astra pada tahun 2019, dengan harapan untuk menyuarakan Indonesia Bicara Baik melalui tema: "Ikon Kebanggaan Bangsa". Indonesia Bicara Baik merupakan gerakan yang diinisiasikan oleh Perhumas dengan harapan agar profesional humas Indonesia dapat adaptif terhadap perubahan dan menyebarkan kabar baik tidak hanya di Indonesia, tetapi di kancah global.

Astra dan Perhumas melalui Lomba Foto Astra ingin mengajak masyarakat umum dan pewarta foto untuk mengabadikan ikon-ikon yang menjadi kebanggaan Indonesia dalam bentuk visualisasi foto yang indah dan menginspirasi, baik dalam bentuk ragam festival budaya, kesenian daerah tradisional maupun kontemporer (seperti tarian, pertunjukan musik, teater, dan pertunjukan seni lainnya), produk warisan bangsa Indonesia (seperti kerajinan khas Indonesia, produk warisan budaya, dll), landmark (seperti bangunan warisan budaya, keindahan alam yang iconic, dll), maupun ikon individu membanggakan yang berkontribusi positif terhadap Indonesia.

Foto yang diikutsertakan dalam lomba diharapkan dapat memberikan inspirasi bagi seluruh masyarakat.


Syarat & Ketentuan Lomba Foto Astra 2019

  1. Peserta lomba adalah Warga Negara Indonesia (WNI).
  2. Untuk kategori wartawan, peserta adalah wartawan Indonesia yang bekerja di media massa lokal, nasional, dan kantor berita asing, atau wartawan lepas yang bekerja untuk media cetak dan elektronik di seluruh Indonesia. Wajib menuliskan media massa tempat bekerja serta mengirimkan foto kartu pers.
  3. Foto yang dilombakan adalah hasil karya sendiri, belum pernah dipublikasikan di media massa (kecuali social media) dan belum pernah menang gelar apapun dalam perlombaan dan atau kontes fotografi baik offline maupun online.
  4. Pengambilan foto dalam periode 2015-2019.
  5. Periode lomba: 16 September – 31 Desember 2019.
  6. Foto mengangkat ikon-ikon membanggakan Indonesia dalam bentuk festival budaya, kesenian daerah tradisional maupun kontemporer, produk warisan Indonesia, landmark, maupun ikon individu yang membanggakan dan berkontribusi positif terhadap Indonesia.
  7. Foto yang diunggah ke website lomba wajib disertai dengan tagar #KitaSATUIndonesia #IndonesiaBicaraBaik.
  8. Foto harus sesuai dengan norma-norma sosial serta tidak mengandung unsur kekerasan, politik, pornografi, penghinaan ataupun pelecehan terhadap SARA dan latar belakang lainnya yang bersifat pribadi.
  9. Seluruh hasil foto merupakan tanggung jawab dari peserta, termasuk penggunaan model dan/atau properti. Panitia Lomba Foto Astra bebas dari tuntutan pemilik properti dan/atau model lomba yang disertakan dalam Lomba Foto Astra.
  10. Foto harus dalam format digital. Foto diambil menggunakan kamera digital (DSLR, pocket, mirrorless) atau smartphone yang mendukung ketentuan format foto. Tidak diperkenankan untuk mengunggah scan negatif, transparansi atau hasil cetak foto.
  11. Foto kolase dan montase tidak diperkenankan. Editing diperkenankan hanya sebatas warna, kontras, dodging, burning, rotating dan cropping.
  12. Foto peserta pemenang dan nominasi berhak digunakan oleh PT Astra International Tbk untuk kepentingan PT Astra International Tbk dalam hal apapun.
  13. Setiap peserta hanya berhak atas 1 (satu) gelar juara.
  14. Pemenang hadiah hiburan bulanan masih berkesempatan memenangkan gelar juara pada akhir periode lomba.
  15. Pemenang hadiah hiburan bulanan diumumkan untuk 1 peserta terbaik tiap kategori pada tanggal 21 Oktober, 16 November dan 16 Desember 2019.
  16. Warna hadiah dapat berubah tergantung ketersediaan barang.
  17. Keputusan Dewan Juri bersifat mutlak dan tidak dapat diganggu gugat.
  18. Foto dikirimkan dalam bentuk soft copy dengan mengunggahnya di microsite Lomba Foto Astra.
  19. Foto paling lambat diterima pada hari Selasa, 31 Desember 2019 pukul 23:59 WIB.
  20. Peserta boleh mengunggah maksimal sebanyak 10 foto. Masa kurasi foto maksimal 3x24 jam. Foto tidak dapat diganti atau dihapus setelah lolos proses kurasi 1x24 jam.
  21. Pengumuman pemenang: 27 Februari 2020 di website www.satu-indonesia.com.
  22. Panitia Lomba Foto Astra berhak untuk tidak menayangkan, mendiskualifikasi atau menghapus foto yang dianggap tidak sesuai dengan ketentuan.

Pengiriman Foto

  1. Ukuran foto kurang dari 7 MB
  2. Format foto JPG (8bit)
  3. Resolusi foto 72-300 dpi
  4. Panjang atau tinggi foto minimal 2.048 pixel
  5. Mempertahankan metadata (EXIF)
  6. Mendukung RGB profil warna
  7. Foto yang diunggah tidak boleh terdapat watermark/identitas foto dalam bentuk apapun
  8. Foto tidak boleh mengandung produk/jasa/sumber daya manusia/kegiatan sosial/brand di luar Grup Astra

Catatan: Setiap peserta setuju pada seluruh syarat dan ketentuan yang berlaku dalam Lomba Foto Astra 2019.

.